RPP Bentuk Aljabar (Operasi Pembagian) Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 13 Mataram
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Bentuk Aljabar
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit
A. Kompetensi
Inti
KI
3 :
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
|
KI
4 :
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
(KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.4 Menjelaskan
bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian)
|
1.
Menyelesaikan
operasi pembagian pada bentuk aljabar
|
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar
|
1.
Menyelsaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi pembagian pada bentuk aljabar
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik diharapkan
dapat :
1.
Menyelesaikan
operasi pembagian bentuk aljabar
2.
Menyelesaikan
masalah nyata yang berkaitan dengan
operasi pembagian bentuk aljabar.
D.
Materi
Pembelajaran
Operasi
bentuk alajabar (pembagian bentuk alajabar) pada buku matematika kelas VII
semester I halaman 197 – 213
E. Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
|
|
: Saintifik (scientific).
|
Model
|
|
:
Pembelajaran berbasis masalah (Problem
Based Learning)
|
Metode
|
|
: Diskusi, Tanya jawab, dan Penugasan.
|
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : Lembar Kerja Kelompok
Alat : Spidol,
Penghapus, Papan Tulis.
Sumber : Buku Paket
Siswa Matematika kelas VII Kurikulum 2013
G.
Langkah- langkah
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
8
|
|
1.
|
Guru
memberi salam dan mengecek kesiapan peserta didik untuk belajar, diantaranya
mengecek kehadiran, melakukan do’a dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
3
|
2.
|
Guru
membentuk kelompok yang terdiri atas 4 – 5 orang dan
|
1
|
3.
|
Guru
memberikan apersepsi berupa materi tentang pembagian bilangan bulat, dan
motivasi berupa manfaat bentuk aljabar dalam kehidupan sehari-hari.
|
4
|
Kegiatan
Inti
|
65
|
|
1.
|
Guru memberikan suatu masalah
kepada siswa yang berkaitan dengan operasi pembagian pada bentuk aljabar sambil
menunjuk peserta didik untuk menyelesaikan masalah yang diberikan
|
10
|
2.
|
Guru
membagikan Lembar Kerja kepada setiap kelompok untuk didiskusikan.
|
20
|
3.
|
Beberapa
kelompok disuruh untuk mempersentasikan hasil diskusi kemudian kelompok lain
menanggapi kelompok yang persentasi.
|
20
|
4.
|
Guru
memberikan umpan balik terhadap hasil diskusi.
|
5
|
5.
|
Peserta
didik dipersilahkan untuk bertanya jika ada yang belum dimengerti.
|
5
|
6.
|
Guru
memberikan soal latihan yang dikerjakan secara individu untuk menilai aspek
pengetahuan peserta didik.
|
5
|
Kegiatan
Penutup
|
7
|
|
1.
|
Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah
dilakukan.
|
4
|
2.
|
Guru
memberitahukan tentang materi selanjutnya.
|
1
|
3.
|
Kegiatan pembelajaran
ditutup dengan do’a dan STM, yaitu Salam, Terima Kasih dan Mohon Maaf.
|
2
|
H.
Teknik Penilaian
a. Kompetensi
Sikap Spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai
pencapaian pembelajaran.
|
b. Kompetensi
Sikap Sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran.
|
c. Kompetensi
Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Tes Tertulis
|
Lembar latihan peserta didik (LLPD)
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran
dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
Mataram,
25 Oktober 2017
Mengetahui
Guru Pamong
Slamet Nugroho, S.Pd.
|
Dosen Pembimbing
Yunita Septriana Anwar, S.Pd., M.Sc.
|
Lembar
Pengetahuan Peserta didik
Instrumen Penilaian
1.
Tentukanlah hasil
bagi dari 2x2 + 9x + 10 oleh x + 2
2.
Tentukanlah hasil
bagi dari 3x2 + 5x – 6 oleh
x +1
Pedoman Penilaian:
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
||||
1.
|
2x +
5
2x2
+ 4x
_
5x + 10 _
0
Jadi,
hasil bagi dari 2x2 + 9x + 10 oleh x + 2 adalah 2x + 5
|
20
10
10
10
|
||||
2.
|
3x +
2
3x2
+ 3x
_
2x + 4 _
-2
Jadi, hasil bagi dari 3x2 + 5x – 6 oleh
x +1 adalah 3x + 2 dengan sisa -2
|
20
10
10
10
|
||||
Skor Maksimum
|
100
|
|||||
Perhitungan nilai akhir
adalah =
|
bagus artikelnya....
BalasHapussangat bermanfaat
trimakasih.