RPP Kelas 7 Semester 1 Materi Himpunan Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    : SMPN 13 Mataram
Mata Pelajaran    : Matematika
Kelas/Semester   : VII/1
Materi Pokok      : Himpunan
Alokasi Waktu    : 30 Jam Pelajaran (6 Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan  kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan  kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan      pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.      Tujuan Pembelajaran

Pertemuan pertama (2 × 40 Menit)
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik diharapkan :
1.       Bekerja sama dalam kegiatan kelompok
2.       Jujur dalam menyelesaikan tugas dan latihan indiidu
3.       Memiliki sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
4.       Menemukan konsep himpunan
5.       Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
6.       Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan

Pertemuan kedua (3 × 40 Menit)
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.       Bekerja sama dalam kegiatan kelompok
2.       Jujur dalam menyelesaikan tugas dan latihan indiidu
3.       Memiliki sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
4.       Menyajikan himpunan dengan menyebutkan anggotanya dan menuliskan sifat yang dimilikinya.
5.       Menyatakan himpunan kosong dan himpunan semesta dari suatu himpunan
6.       Menggambar dan membaca  diagram Venn dari suatu himpunan
7.       Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan himpunan, himpunan kosong, himpunan semesta.
8.       Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan diagram Venn

Pertemuan ketiga (2 × 40 Menit)
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.       Bekerja sama dalam kegiatan kelompok
2.       Jujur dalam menyelesaikan tugas dan latihan indiidu
3.       Memiliki sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
4.       Menyatakan kardinalitas dari suatu himpunan
5.       Menyebutkan himpunan bagian dari suatu himpunan
6.       Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan bagian


Pertemuan keempat (3 × 40 Menit)
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.       Bekerja sama dalam kegiatan kelompok
2.       Jujur dalam menyelesaikan tugas dan latihan indiidu
3.       Memiliki sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
4.       Menyatakan irisan dan gabungan dari dua himpunan
5.       Menyatakan komplemen dari suatu himpunan
6.       Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan irisan dan gabungan dari dua himpunan
7.       Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan komplemen dari suatu himpunan

Pertemuan kelima  (2 × 40 Menit)
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.       Bekerja sama dalam kegiatan kelompok
2.       Jujur dalam menyelesaikan tugas dan latihan indiidu
3.       Memiliki sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
4.       Menyatakan selisih dari suatu himpunan.
5.       Menyatakan sifat-sifat operasi himpunan.
6.       Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan selisih suatu himpunan.









C.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.4   Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah Kontekstual.



1.    Menemukan konsep himpunan
2.    Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan
3.    Menyajikan himpunan dengan menyebutkan anggotanya dan menuliskan sifat yang dimilikinya
4.    Menyatakan himpunan kosong dan himpunan semesta dari suatu himpunan
5.    Menggambar dan membaca  diagram Venn dari suatu himpunan
6.    Menyebutkan himpunan bagian dari suatu himpunan
7.    Menyatakan kardinalitas, himpunan kuasa dan kesamaan dari suatu himpunan
8.    Menyatakan irisan, gabungan, komplemen dan selisih dari dua himpunan
9.    Menyatakan komplemen dari suatu himpunan
10. Menyatakan sifat-sifat dari operasi himpunan
4.4  Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan.
1.    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan himpunan, himpunan kosong, himpunan semesta.
2.    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan diagram Venn.
3.    Menyelesaian masalah kontekstual yang berkaitan dengan irisan, gabungan, komplemen dan selisih dari dua himpunan
4.    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan komplemen dari suatu himpunan


D.     Materi Pembelajaran
1.       Materi regular
a.       Konsep himpunan
b.       Penyajian himpunan
c.       Himpunan kosong dan himpunan semesta
d.       Diagram Venn
e.       Kardinalitas Himpunan
f.        Himpunan bagian
g.       Operasi Himpunan (Irisan, Gabungan, Komplemen, Selisih)
h.       Sifat-sifat Operasi Himpunan
2.       Materi pengayaan
a.       Himpunan kuasa
b.       Kesamaan dua himpunan
3.       Materi remidial
a.       Operasi Himpunan (Irisan, Gabungan, Komplemen, Selisih).

E.      Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan : Saintifik
2.    Metode        : Diskusi, tanya jawab, persentasi dan penugasan

F.      Alat, Media dan Sumber Pembelajaran
1.    Alat        : Spidol, papan tulis, LCD, penghapus.
2.    Media     : Lembar Kerja Peserta didik (LKPD), Lembar latihan peserta didik (LLPD)
3.    Sumber   : Buku Paket Kelas VII K13, Internet.

G.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 Jam Pelajaran @40 menit)
No.
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu (menit)
Kegiatan Pendahuluan
8
1.
Guru memberi salam dan mengecek kesiapan peserta didik untuk belajar, diantaranya mengecek kehadiran, melakukan do’a dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3
2.
Guru membentuk kelompok yang terdiri atas 4 – 5 orang dan
1
3.
Guru memberikan apersepsi berupa materi yang terkait dengan konsep himpunan dan motivasi berupa manfaat himpunan dalam kehidupan sehari-hari.
4
Kegiatan Inti
65
1.
Guru menyuruh setiap kelompok mengamati dan mencermati buku paket matematika halaman 113 – 114 pada bagian “Ayo Kita Amati”  mengenai konsep himpunan, serta halaman 115 tentang angota himpunan.
10
2.
Setiap kelompok disuruh untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang belum dimengerti dalam hasil pengamatan.
5
3.
Setelah memahami konsep himpunan dan anggota himpunan, setiap kelompok disuruh untuk mencermati dan mencoba untuk memahaminya pada buku paket halaman 114 serta 115, dengan dibantu guru.
10
4.
Guru memberikan soal latihan yang dikerjakan secara berkelompok.
10
5.
Salah satu kelompok mempersentasikan hasil diskusi mereka, sedangkan kelompok yang lain menanggapi persentasi yang dilakukan oleh kelompok yang maju.
10
6.
Guru memberikan umpan balik  terhadap apa yang sedang didiskusikan.
10
7.
Guru memberikan soal latihan berupa LLPD yang dikerjakan secara individu untuk menilai pengetahuan peserta didik.
10
Kegiatan Penutup
7
1.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
5
2.
Guru memberitahukan tentang materi selanjutnya.
1
3.
Kegiatan pembelajaran ditutup dengan do’a dan STM, yaitu Salam, Terima Kasih dan Mohon Maaf.
1

Pertemuan kedua (3 Jam Pelajaran @40 menit)
No.
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu (menit)
Kegiatan Pendahuluan
10
1.
Guru memberi salam dan mengecek kesiapan peserta didik untuk belajar, diantaranya mengecek kehadiran, melakukan do’a dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
4
2.
Guru membentuk kelompok yang terdiri atas 4 – 5 orang dan
1
3.
Guru memberikan apersepsi berupa materi yang terkait dengan penyajian himpunan, himpunan kosong dan himpunan semesta, dan diagram Venn, dan motivasi berupa manfaat himpunan dalam kehidupan sehari-hari.
5
Kegiatan Inti
100
1.
Guru menyuruh setiap kelompok mengamati dan mencermati buku paket matematika halaman 117 – 118 pada bagian “Ayo Kita Amati”  mengenai penyajian himpunan, halaman 122 – 123 tentang himpunan kosong dan Himpunan semesta, serta halaman 126 tentang Diagram Venn.
30
2.
Setiap kelompok disuruh untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang belum dimengerti dalam hasil pengamatan.
10
3.
Setelah memahami penyajian himpunan, himpunan kosong dan himpunan semesta, serta diagram Venn, setiap kelompok disuruh untuk mencermati dan mencoba untuk memahaminya pada buku paket halaman 119 – 120, 125 dan 129, dengan dibantu guru.
20
4.
Guru memberikan soal latihan yang dikerjakan secara berkelompok.
10
5.
Salah satu kelompok mempersentasikan hasil diskusi mereka, sedangkan kelompok yang lain menanggapi persentasi yang dilakukan oleh kelompok yang maju.
10
6.
Guru memberikan umpan balik  terhadap apa yang sedang didiskusikan.
10
7.
Guru memberikan soal latihan berupa LLPD yang dikerjakan secara individu untuk menilai pengetahuan peserta didik.
10
Kegiatan Penutup
10
1.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
7
2.
Guru memberitahukan tentang materi selanjutnya.
1
3.
Kegiatan pembelajaran ditutup dengan do’a dan STM, yaitu Salam, Terima Kasih dan Mohon Maaf.
2

Pertemuan ketiga (2 Jam Pelajaran @40 menit)
No.
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu (menit)
Kegiatan Pendahuluan
8
1.
Guru memberi salam dan mengecek kesiapan peserta didik untuk belajar, diantaranya mengecek kehadiran, melakukan do’a dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3
2.
Guru membentuk kelompok yang terdiri atas 4 – 5 orang dan
1
3.
Guru memberikan apersepsi berupa materi yang terkait dengan kardinalitas himpunan dan himpunan bagian, dan motivasi berupa manfaat himpunan dalam kehidupan sehari-hari.
4
Kegiatan Inti
65
1.
Guru menyuruh setiap kelompok mengamati dan mencermati buku paket matematika halaman 132 – 133 pada bagian “Ayo Kita Amati”  mengenai kardinalitas himpunan, serta halaman 135 – 136  tentang himpunan bagian.
10
2.
Setiap kelompok disuruh untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang belum dimengerti dalam hasil pengamatan.
5
3.
Setelah memahami kardinalitas himpunan dan himpunan bagian, setiap kelompok disuruh untuk mencermati dan mencoba pada  buku paket halaman 134 serta 137, dengan dibantu guru.
10
4.
Guru memberikan soal latihan yang dikerjakan secara berkelompok setiap kelompok berdiskusi untuk menjawab soal yang diberikan.
10
5.
Salah satu kelompok mempersentasikan hasil diskusi mereka, sedangkan kelompok yang lain menanggapi persentasi yang dilakukan oleh kelompok yang maju.
10
6.
Guru memberikan umpan balik  terhadap apa yang sedang didiskusikan.
10
7.
Guru memberikan soal latihan berupa LLPD yang dikerjakan secara individu untuk menilai pengetahuan peserta didik.
10
Kegiatan Penutup
7
1.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
5
2.
Guru memberitahukan tentang materi selanjutnya.
1
3.
Kegiatan pembelajaran ditutup dengan do’a dan STM, yaitu Salam, Terima Kasih dan Mohon Maaf.
1


Pertemuan keempat (3 Jam Pelajaran @40 menit)
No.
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu (menit)
Kegiatan Pendahuluan
10
1.
Guru memberi salam dan mengecek kesiapan peserta didik untuk belajar, diantaranya mengecek kehadiran, melakukan do’a dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
4
2.
Guru membentuk kelompok yang terdiri atas 4 – 5 orang dan
1
3.
Guru memberikan apersepsi berupa materi yang terkait dengan irisan, gabungan dan komplemen, dan motivasi berupa manfaat irisan, gabunan dan komplemen dalam kehidupan sehari-hari.
5
Kegiatan Inti
100
1.
Guru menyuruh setiap kelompok mengamati dan mencermati buku paket matematika halaman 150 – 151 pada bagian “Ayo Kita Amati”  mengenai irisan, halaman 156 tentang gabungan, serta halaman 160 tentang Komplemen.
30
2.
Setiap kelompok disuruh untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang belum dimengerti dalam hasil pengamatan.
10
3.
Setelah memahami tentang irisan, gabungan dan komplemen, setiap kelompok disuruh untuk mencermati dan mencoba untuk memahaminya pada buku paket halaman 152 – 153, 157 dan 163, dengan dibantu guru.
20
4.
Guru memberikan soal latihan yang dikerjakan secara berkelompok.
10
5.
Salah satu kelompok mempersentasikan hasil diskusi mereka, sedangkan kelompok yang lain menanggapi persentasi yang dilakukan oleh kelompok yang maju.
10
6.
Guru memberikan umpan balik  terhadap apa yang sedang didiskusikan.
10
7.
Guru memberikan soal latihan berupa LLPD yang dikerjakan secara individu untuk menilai pengetahuan peserta didik.
10
Kegiatan Penutup
10
1.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
7
2.
Guru memberitahukan tentang materi selanjutnya.
1
3.
Kegiatan pembelajaran ditutup dengan do’a dan STM, yaitu Salam, Terima Kasih dan Mohon Maaf.
2

Pertemuan kelima (2 Jam Pelajaran @40 menit)
No.
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu (menit)
Kegiatan Pendahuluan
8
1.
Guru memberi salam dan mengecek kesiapan peserta didik untuk belajar, diantaranya mengecek kehadiran, melakukan do’a dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3
2.
Guru membentuk kelompok yang terdiri atas 4 – 5 orang dan
1
3.
Guru memberikan apersepsi berupa materi yang terkait dengan selisih dari dua himpunan dan motivasi berupa manfaat selisih himpunan dalam kehidupan sehari-hari.
4
Kegiatan Inti
65
1.
Guru menyuruh setiap kelompok mengamati dan mencermati buku paket matematika halaman 163 pada bagian “Ayo Kita Amati”  mengenai selisih himpunan, serta halaman 173  tentang sifat-sifat operasi himpunan.
10
2.
Setiap kelompok disuruh untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang belum dimengerti dalam hasil pengamatan.
5
3.
Setelah memahami selisih himpunan dan sifat-sifat himpunan, setiap kelompok disuruh untuk mencermati dan mencoba pada  buku paket halaman 164 serta 174, dengan dibantu guru.
10
4.
Guru memberikan soal latihan yang dikerjakan secara berkelompok setiap kelompok berdiskusi untuk menjawab soal yang diberikan.
10
5.
Salah satu kelompok mempersentasikan hasil diskusi mereka, sedangkan kelompok yang lain menanggapi persentasi yang dilakukan oleh kelompok yang maju.
10
6.
Guru memberikan umpan balik  terhadap apa yang sedang didiskusikan.
10
7.
Guru memberikan soal latihan berupa LLPD yang dikerjakan secara individu untuk menilai pengetahuan peserta didik.
10
Kegiatan Penutup
7
1.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
5
2.
Guru memberitahukan tentang materi selanjutnya.
1
3.
Kegiatan pembelajaran ditutup dengan do’a dan STM, yaitu Salam, Terima Kasih dan Mohon Maaf.
1


H.     Penilaian
1.         Teknik Penilaian
a.   Kompetensi Sikap Spiritual
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Jurnal
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)


b.   Kompetensi Sikap Sosial
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi
(catatan jurnal)
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

c.    Kompetensi Pengetahuan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1.
Tes Tertulis
Lembar latihan peserta didik (LLPD)
Terlampir




Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
2.
Lisan
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
Terlampir
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
3.
Penugasan
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
Terlampir




Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

d.   Kompetensi Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Projek
Masalah sehari-hari berkaitan dengan Himpunan

Tugas Proyek pada buku paket Halaman 184

Di luar PBM selama satu minggu
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)




2.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.    bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.    belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.    pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.

3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS.

Mengetahui,
                                                                                    Mataram, 7 September 2017
Dosen Pembimbing PPL                                            Guru Pamong Mapel Matematika




Yunita Septriana Anwar, S.Pd., M.Sc.                       Slamet Nugroho, S.Pd.
NIP.                                                                            NIP.



Rectangle: Rounded Corners: Nama  : ………………………………………..
Kelas/No. Absen  : …… / …..
Lampiran (1) Lembar Latihan Peserta Didik (LLPD) pertemuan pertama



Lembar Latihan Peserta Didik (LLPD)
1. Tuliskan anggota himpunan dari himpunan berikut
a.       Himpunan kendaraan roda empat
b.       Himpunan merk Handphone atau Smartphone
c.       Himpunan bilangan bulat positif yang kurang dari 15
d.       Himpunan bilangan bulat negatif yang lebih dari −8
2. Sebutkan contoh yang bukan termasuk himpunan (sebanyak-banyaknya)


Rectangle: Rounded Corners: Nama  : ………………………………………..
Kelas/No. Absen  : …… / …..
Lampiran (2) Lembar Latihan Peserta Didik (LLPD) pertemuan kedua



Lembar Latihan Peserta Didik (LLPD)

1.       Diketahui A = {bilangan bulat positif yang kurang dari 13}
a.       Nyatakan himpunan A dengan notasi pembentuk himpunan
b.       Nyatakan himpunan A dengan menyebutkan anggotanya
2.       Gambarlah diagram Venn, apabila himpunan S = {bilangan cacah kurang dari 13}, himpunan                      A = {bilangan asli yang kurang dari 7}, B = {bilangan asli lebih dari 6 dan kurang dari 10}.
3.       Tentukan himpunan semesta yang mungkin dari himpunan-himpunan berikut.
a.       A = {sepeda motor, mobil, truk}
b.       B = {jeruk, apel, mangga, durian}
c.       C = {2, 4, 6, 8}
d.       D = { -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4}


Rectangle: Rounded Corners: Nama  : ………………………………………..
Kelas/No. Absen  : …… / …..
Lampiran (3) Lembar Latihan Peserta Didik (LLPD) pertemuan kedua



Lembar Latihan Peserta Didik (LLPD)
1.       Tentukan benar atau salah pernyataan berikut ini
a.     {1, 2, 3}  {-1, 0, 1, 2, 3}
b.     {-1, 1}  {0, 1, 2, 3}
c.     { } {a, b, c ,d}
d.     a  {a, b}
e.     {1. 2. 3}  {1, 2, 3}
2.     Diberikan himpunan-himpunan: P = {, Q = { dan R = {, periksa apakah :
a.     P  Q
b.     Q  P
c.     Q  R
d.     R  Q
e.     R P
f.     P  R


Lampiran (6) Lembar Penilaian Sikap
 Catatan Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual dan Sosial


Nama Sekolah              :
Kelas/Semester             :
Mata Pelajaran             :
Tahun Pelajaran            :

No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.























Lampiran (7) Lembar Penilaian Keterampilan

Penilaian kompetensi keterampilan (merupakan assesment for learning) menggunakan teknik produk yaitu poster yang memuat penjelasan tentang hubungan yang terjadi antara himpunan A dan himpunan B jika diketahui :


a.    
b.    
c.    
d.    
e.    
f.    
g.    
h.    



Instrumen: Tugas
a.         Buatlah poste
b.         Presentasikan di depan kelas untuk mendapatkan penilaian.

Rubrik Penilaian
Kumpulan
  No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah
 Skor Maksimal
Ketepatan
Kerapian Poster
Penampilan Presentase
25
25
25
75








Keterangan
1.         Ketepatan
·           Tepat                                                 :  Skor 25
·           Cukup Teapat                                    :  Skor 20
·           Kurang Tepat                                     :  Skor 15
·           Tidak Tepat                                       :  Skor 10
2.         Kerapian Penialaian
·           Rapi                                                   :  Skor 25
·           Cukup Rapi                                        :  Skor 20
·           Kurang Rapi                                      :  Skor 15
·           Tidak Rapi                                         :  Skor 10
3.              Penampilan Presentase
·           Penjelasan Mudah dipahami                :  Skor 25
·           Penjelasan Cukup dapat dipahami       :  Skor 20
·           Penjelasan Kurang dipahami               : Skor 15
·           Penjelasan Tidak dipahami                 : Skor 10


Komentar

  1. Casinos Near Foxwoods - Mapyro
    Find the perfect Casinos Near 안양 출장안마 Foxwoods in New Jersey. Foxwoods Resort 사천 출장마사지 Casino 전주 출장마사지 - 밀양 출장마사지 Atlantic City - 울산광역 출장샵 87601 Highway 315. Map

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat-alat yang menggunakan energi listrik beserta gambar dan fungsinya

RPP Bentuk Aljabar (Operasi Pembagian) Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013