RPP Kelas 7 Semester 1 Materi Himpunan Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 13 Mataram
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Himpunan
Alokasi Waktu : 30 Jam Pelajaran (6 Pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
KI
3 :
|
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI
4 :
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 × 40 Menit)
Setelah
mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik diharapkan :
1.
Bekerja
sama dalam kegiatan kelompok
2.
Jujur
dalam menyelesaikan tugas dan latihan indiidu
3.
Memiliki
sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
4.
Menemukan
konsep himpunan
5.
Menyatakan
masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
6.
Menyebutkan
anggota dan bukan anggota himpunan
Pertemuan kedua (3 × 40 Menit)
Setelah
mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Bekerja
sama dalam kegiatan kelompok
2.
Jujur
dalam menyelesaikan tugas dan latihan indiidu
3.
Memiliki
sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
4.
Menyajikan
himpunan dengan menyebutkan anggotanya dan menuliskan sifat yang dimilikinya.
5.
Menyatakan
himpunan kosong dan himpunan semesta dari suatu himpunan
6.
Menggambar
dan membaca diagram Venn dari suatu
himpunan
7.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan himpunan, himpunan kosong, himpunan semesta.
8.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan diagram Venn
Pertemuan ketiga (2 × 40 Menit)
Setelah
mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Bekerja
sama dalam kegiatan kelompok
2.
Jujur
dalam menyelesaikan tugas dan latihan indiidu
3.
Memiliki
sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
4.
Menyatakan
kardinalitas dari suatu himpunan
5.
Menyebutkan
himpunan bagian dari suatu himpunan
6.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan bagian
Pertemuan keempat (3 × 40 Menit)
Setelah
mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Bekerja
sama dalam kegiatan kelompok
2.
Jujur
dalam menyelesaikan tugas dan latihan indiidu
3.
Memiliki
sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
4.
Menyatakan
irisan dan gabungan dari dua himpunan
5.
Menyatakan
komplemen dari suatu himpunan
6.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan irisan dan gabungan dari dua himpunan
7.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan komplemen dari suatu himpunan
Pertemuan kelima (2
× 40 Menit)
Setelah
mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Bekerja
sama dalam kegiatan kelompok
2.
Jujur
dalam menyelesaikan tugas dan latihan indiidu
3.
Memiliki
sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
4.
Menyatakan
selisih dari suatu himpunan.
5.
Menyatakan
sifat-sifat operasi himpunan.
6.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan selisih suatu himpunan.
C. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.4 Menjelaskan
himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, komplemen himpunan, dan
melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah Kontekstual.
|
1.
Menemukan
konsep himpunan
2.
Menyebutkan
anggota dan bukan anggota himpunan
3.
Menyajikan
himpunan dengan menyebutkan anggotanya dan menuliskan sifat yang dimilikinya
4.
Menyatakan
himpunan kosong dan himpunan semesta dari suatu himpunan
5.
Menggambar
dan membaca diagram Venn dari suatu
himpunan
6.
Menyebutkan
himpunan bagian dari suatu himpunan
7.
Menyatakan
kardinalitas, himpunan kuasa dan kesamaan dari suatu himpunan
8.
Menyatakan
irisan, gabungan, komplemen dan selisih dari dua himpunan
9.
Menyatakan
komplemen dari suatu himpunan
10. Menyatakan sifat-sifat dari
operasi himpunan
|
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan
kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan.
|
1.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan himpunan, himpunan kosong, himpunan
semesta.
2.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan diagram Venn.
3.
Menyelesaian
masalah kontekstual yang berkaitan dengan irisan, gabungan, komplemen dan
selisih dari dua himpunan
4.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan komplemen dari suatu himpunan
|
D. Materi
Pembelajaran
1. Materi
regular
a.
Konsep
himpunan
b.
Penyajian
himpunan
c.
Himpunan
kosong dan himpunan semesta
d.
Diagram
Venn
e.
Kardinalitas
Himpunan
f.
Himpunan
bagian
g.
Operasi
Himpunan (Irisan, Gabungan, Komplemen, Selisih)
h.
Sifat-sifat
Operasi Himpunan
2. Materi
pengayaan
a.
Himpunan
kuasa
b.
Kesamaan
dua himpunan
3. Materi
remidial
a.
Operasi
Himpunan (Irisan, Gabungan, Komplemen, Selisih).
E. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : Diskusi, tanya jawab, persentasi dan penugasan
F. Alat,
Media dan Sumber Pembelajaran
1. Alat : Spidol, papan tulis, LCD, penghapus.
2. Media : Lembar Kerja Peserta didik (LKPD), Lembar latihan peserta didik
(LLPD)
3. Sumber : Buku Paket Kelas VII K13, Internet.
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
pertama (2 Jam Pelajaran @40 menit)
No.
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
8
|
|
1.
|
Guru memberi salam dan mengecek kesiapan
peserta didik untuk belajar, diantaranya mengecek kehadiran, melakukan do’a dan
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
3
|
2.
|
Guru membentuk kelompok yang
terdiri atas 4 – 5 orang dan
|
1
|
3.
|
Guru memberikan apersepsi berupa materi
yang terkait dengan konsep himpunan dan motivasi berupa manfaat himpunan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
4
|
Kegiatan Inti
|
65
|
|
1.
|
Guru menyuruh setiap kelompok mengamati
dan mencermati buku paket matematika halaman 113 – 114 pada bagian “Ayo Kita Amati” mengenai konsep himpunan, serta halaman 115
tentang angota himpunan.
|
10
|
2.
|
Setiap kelompok disuruh untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
hal-hal yang belum dimengerti dalam hasil pengamatan.
|
5
|
3.
|
Setelah memahami konsep himpunan dan anggota himpunan,
setiap kelompok disuruh untuk mencermati dan mencoba untuk memahaminya pada
buku paket halaman 114 serta 115, dengan dibantu guru.
|
10
|
4.
|
Guru memberikan soal latihan yang dikerjakan secara
berkelompok.
|
10
|
5.
|
Salah satu kelompok mempersentasikan hasil diskusi mereka,
sedangkan kelompok yang lain menanggapi persentasi yang dilakukan oleh
kelompok yang maju.
|
10
|
6.
|
Guru memberikan umpan balik terhadap apa yang sedang didiskusikan.
|
10
|
7.
|
Guru memberikan soal latihan berupa LLPD yang dikerjakan
secara individu untuk menilai pengetahuan peserta didik.
|
10
|
Kegiatan Penutup
|
7
|
|
1.
|
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang telah dilakukan.
|
5
|
2.
|
Guru memberitahukan tentang materi selanjutnya.
|
1
|
3.
|
Kegiatan pembelajaran ditutup dengan do’a dan STM, yaitu
Salam, Terima Kasih dan Mohon Maaf.
|
1
|
Pertemuan
kedua (3 Jam Pelajaran @40 menit)
No.
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
10
|
|
1.
|
Guru memberi salam dan mengecek kesiapan
peserta didik untuk belajar, diantaranya mengecek kehadiran, melakukan do’a
dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
4
|
2.
|
Guru membentuk kelompok yang
terdiri atas 4 – 5 orang dan
|
1
|
3.
|
Guru memberikan apersepsi berupa
materi yang terkait dengan penyajian himpunan, himpunan kosong dan himpunan
semesta, dan diagram Venn, dan motivasi berupa manfaat himpunan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
5
|
Kegiatan Inti
|
100
|
|
1.
|
Guru menyuruh setiap kelompok mengamati
dan mencermati buku paket matematika halaman 117 – 118 pada bagian “Ayo Kita Amati” mengenai penyajian himpunan, halaman 122 –
123 tentang himpunan kosong dan Himpunan semesta, serta halaman 126 tentang
Diagram Venn.
|
30
|
2.
|
Setiap kelompok disuruh untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
hal-hal yang belum dimengerti dalam hasil pengamatan.
|
10
|
3.
|
Setelah memahami penyajian himpunan, himpunan kosong dan
himpunan semesta, serta diagram Venn, setiap kelompok disuruh untuk
mencermati dan mencoba untuk memahaminya pada buku paket halaman 119 – 120, 125
dan 129, dengan dibantu guru.
|
20
|
4.
|
Guru memberikan soal latihan yang dikerjakan secara
berkelompok.
|
10
|
5.
|
Salah satu kelompok mempersentasikan hasil diskusi mereka,
sedangkan kelompok yang lain menanggapi persentasi yang dilakukan oleh
kelompok yang maju.
|
10
|
6.
|
Guru memberikan umpan balik terhadap apa yang sedang didiskusikan.
|
10
|
7.
|
Guru memberikan soal latihan berupa LLPD yang dikerjakan
secara individu untuk menilai pengetahuan peserta didik.
|
10
|
Kegiatan Penutup
|
10
|
|
1.
|
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang telah dilakukan.
|
7
|
2.
|
Guru memberitahukan tentang materi selanjutnya.
|
1
|
3.
|
Kegiatan pembelajaran ditutup dengan do’a dan STM, yaitu
Salam, Terima Kasih dan Mohon Maaf.
|
2
|
Pertemuan
ketiga (2 Jam Pelajaran @40 menit)
No.
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
8
|
|
1.
|
Guru memberi salam dan mengecek kesiapan
peserta didik untuk belajar, diantaranya mengecek kehadiran, melakukan do’a
dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
3
|
2.
|
Guru membentuk kelompok yang
terdiri atas 4 – 5 orang dan
|
1
|
3.
|
Guru memberikan apersepsi berupa
materi yang terkait dengan kardinalitas himpunan dan himpunan bagian, dan
motivasi berupa manfaat himpunan dalam kehidupan sehari-hari.
|
4
|
Kegiatan Inti
|
65
|
|
1.
|
Guru menyuruh setiap kelompok mengamati
dan mencermati buku paket matematika halaman 132 – 133 pada bagian “Ayo Kita Amati” mengenai kardinalitas himpunan, serta
halaman 135 – 136 tentang himpunan
bagian.
|
10
|
2.
|
Setiap kelompok disuruh untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
hal-hal yang belum dimengerti dalam hasil pengamatan.
|
5
|
3.
|
Setelah memahami kardinalitas himpunan dan himpunan bagian,
setiap kelompok disuruh untuk mencermati dan mencoba pada buku paket halaman 134 serta 137, dengan
dibantu guru.
|
10
|
4.
|
Guru memberikan soal latihan yang dikerjakan secara
berkelompok setiap kelompok berdiskusi untuk menjawab soal yang diberikan.
|
10
|
5.
|
Salah satu kelompok mempersentasikan hasil diskusi mereka,
sedangkan kelompok yang lain menanggapi persentasi yang dilakukan oleh
kelompok yang maju.
|
10
|
6.
|
Guru memberikan umpan balik terhadap apa yang sedang didiskusikan.
|
10
|
7.
|
Guru memberikan soal latihan berupa LLPD yang dikerjakan
secara individu untuk menilai pengetahuan peserta didik.
|
10
|
Kegiatan Penutup
|
7
|
|
1.
|
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang telah dilakukan.
|
5
|
2.
|
Guru memberitahukan tentang materi selanjutnya.
|
1
|
3.
|
Kegiatan pembelajaran ditutup dengan do’a dan STM, yaitu
Salam, Terima Kasih dan Mohon Maaf.
|
1
|
Pertemuan
keempat (3 Jam Pelajaran @40 menit)
No.
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
10
|
|
1.
|
Guru memberi salam dan mengecek kesiapan
peserta didik untuk belajar, diantaranya mengecek kehadiran, melakukan do’a
dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
4
|
2.
|
Guru membentuk kelompok yang
terdiri atas 4 – 5 orang dan
|
1
|
3.
|
Guru memberikan apersepsi berupa
materi yang terkait dengan irisan, gabungan dan komplemen, dan motivasi
berupa manfaat irisan, gabunan dan komplemen dalam kehidupan sehari-hari.
|
5
|
Kegiatan Inti
|
100
|
|
1.
|
Guru menyuruh setiap kelompok mengamati
dan mencermati buku paket matematika halaman 150 – 151 pada bagian “Ayo Kita Amati” mengenai irisan, halaman 156 tentang
gabungan, serta halaman 160 tentang Komplemen.
|
30
|
2.
|
Setiap kelompok disuruh untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
hal-hal yang belum dimengerti dalam hasil pengamatan.
|
10
|
3.
|
Setelah memahami tentang irisan, gabungan dan komplemen,
setiap kelompok disuruh untuk mencermati dan mencoba untuk memahaminya pada
buku paket halaman 152 – 153, 157 dan 163, dengan dibantu guru.
|
20
|
4.
|
Guru memberikan soal latihan yang dikerjakan secara
berkelompok.
|
10
|
5.
|
Salah satu kelompok mempersentasikan hasil diskusi mereka,
sedangkan kelompok yang lain menanggapi persentasi yang dilakukan oleh
kelompok yang maju.
|
10
|
6.
|
Guru memberikan umpan balik terhadap apa yang sedang didiskusikan.
|
10
|
7.
|
Guru memberikan soal latihan berupa LLPD yang dikerjakan
secara individu untuk menilai pengetahuan peserta didik.
|
10
|
Kegiatan Penutup
|
10
|
|
1.
|
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang telah dilakukan.
|
7
|
2.
|
Guru memberitahukan tentang materi selanjutnya.
|
1
|
3.
|
Kegiatan pembelajaran ditutup dengan do’a dan STM, yaitu
Salam, Terima Kasih dan Mohon Maaf.
|
2
|
Pertemuan
kelima (2 Jam Pelajaran @40 menit)
No.
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
8
|
|
1.
|
Guru memberi salam dan mengecek kesiapan
peserta didik untuk belajar, diantaranya mengecek kehadiran, melakukan do’a
dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
3
|
2.
|
Guru membentuk kelompok yang
terdiri atas 4 – 5 orang dan
|
1
|
3.
|
Guru memberikan apersepsi berupa
materi yang terkait dengan selisih dari dua himpunan dan motivasi berupa
manfaat selisih himpunan dalam kehidupan sehari-hari.
|
4
|
Kegiatan Inti
|
65
|
|
1.
|
Guru menyuruh setiap kelompok mengamati
dan mencermati buku paket matematika halaman 163 pada bagian “Ayo Kita Amati” mengenai selisih himpunan, serta halaman
173 tentang sifat-sifat operasi himpunan.
|
10
|
2.
|
Setiap kelompok disuruh untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
hal-hal yang belum dimengerti dalam hasil pengamatan.
|
5
|
3.
|
Setelah memahami selisih himpunan dan sifat-sifat himpunan,
setiap kelompok disuruh untuk mencermati dan mencoba pada buku paket halaman 164 serta 174, dengan
dibantu guru.
|
10
|
4.
|
Guru memberikan soal latihan yang dikerjakan secara
berkelompok setiap kelompok berdiskusi untuk menjawab soal yang diberikan.
|
10
|
5.
|
Salah satu kelompok mempersentasikan hasil diskusi mereka,
sedangkan kelompok yang lain menanggapi persentasi yang dilakukan oleh
kelompok yang maju.
|
10
|
6.
|
Guru memberikan umpan balik terhadap apa yang sedang didiskusikan.
|
10
|
7.
|
Guru memberikan soal latihan berupa LLPD yang dikerjakan
secara individu untuk menilai pengetahuan peserta didik.
|
10
|
Kegiatan Penutup
|
7
|
|
1.
|
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang telah dilakukan.
|
5
|
2.
|
Guru memberitahukan tentang materi selanjutnya.
|
1
|
3.
|
Kegiatan pembelajaran ditutup dengan do’a dan STM, yaitu
Salam, Terima Kasih dan Mohon Maaf.
|
1
|
H. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Kompetensi
Sikap Spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan
pencapaian pembelajaran (assessment for
and of learning)
|
b. Kompetensi
Sikap Sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar observasi
(catatan jurnal)
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran
(assessment for and of learning)
|
c. Kompetensi
Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Tes Tertulis
|
Lembar latihan peserta didik (LLPD)
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran
(assessment for learning) dan
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
2.
|
Lisan
|
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran
(assessment for learning)
|
3.
|
Penugasan
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei,
pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
d. Kompetensi
Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Projek
|
Masalah
sehari-hari berkaitan dengan Himpunan
|
Tugas
Proyek pada buku paket Halaman 184
|
Di luar PBM selama satu
minggu
|
Penilaian untuk, sebagai,
dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment
for, as, and of learning)
|
2.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan
hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan
belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.
bimbingan perorangan jika peserta didik yang
belum tuntas ≤ 20%;
b.
belajar kelompok jika peserta didik yang belum
tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.
pembelajaran ulang jika peserta didik yang
belum tuntas ≥ 50%.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal
PAS.
Mengetahui,
Mataram,
7 September 2017
Dosen Pembimbing PPL Guru Pamong Mapel
Matematika
Yunita Septriana Anwar, S.Pd., M.Sc. Slamet Nugroho, S.Pd.
NIP. NIP.
Lampiran (1) Lembar Latihan Peserta
Didik (LLPD) pertemuan pertama
Lembar Latihan Peserta Didik (LLPD)
1. Tuliskan anggota himpunan dari
himpunan berikut
a.
Himpunan
kendaraan roda empat
b.
Himpunan
merk Handphone atau Smartphone
c.
Himpunan
bilangan bulat positif yang kurang dari 15
d.
Himpunan
bilangan bulat negatif yang lebih dari −8
2.
Sebutkan contoh yang bukan termasuk himpunan (sebanyak-banyaknya)
Lampiran (2) Lembar Latihan Peserta
Didik (LLPD) pertemuan kedua
Lembar Latihan Peserta Didik (LLPD)
1.
Diketahui
A = {bilangan bulat positif yang kurang dari 13}
a.
Nyatakan
himpunan A dengan notasi pembentuk himpunan
b.
Nyatakan
himpunan A dengan menyebutkan anggotanya
2.
Gambarlah
diagram Venn, apabila himpunan S = {bilangan cacah kurang dari 13}, himpunan A = {bilangan asli yang
kurang dari 7}, B = {bilangan asli lebih dari 6 dan kurang dari 10}.
3.
Tentukan
himpunan semesta yang mungkin dari himpunan-himpunan berikut.
a.
A
= {sepeda motor, mobil, truk}
b.
B
= {jeruk, apel, mangga, durian}
c.
C
= {2, 4, 6, 8}
d.
D
= { -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4}
Lampiran (3) Lembar Latihan Peserta
Didik (LLPD) pertemuan kedua
Lembar Latihan Peserta Didik (LLPD)
1.
Tentukan
benar atau salah pernyataan berikut ini
a.
{1,
2, 3} {-1, 0, 1, 2, 3}
b.
{-1,
1} {0, 1, 2, 3}
c.
{
} {a, b, c ,d}
d.
a
{a, b}
e.
{1.
2. 3} {1, 2, 3}
2.
Diberikan
himpunan-himpunan: P = {, Q = { dan R = {, periksa apakah :
a.
P
Q
b.
Q
P
c.
Q
R
d.
R
Q
e.
R
P
f.
P
R
Lampiran
(6) Lembar Penilaian Sikap
Catatan Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual dan
Sosial
Nama
Sekolah :
Kelas/Semester :
Mata
Pelajaran :
Tahun
Pelajaran :
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ket.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
Lampiran (7) Lembar Penilaian Keterampilan
Penilaian kompetensi keterampilan (merupakan assesment for learning) menggunakan
teknik produk yaitu poster yang memuat penjelasan tentang hubungan yang terjadi
antara himpunan A dan himpunan B jika diketahui :
a.
b.
c.
d.
e.
f.
g.
h.
Instrumen:
Tugas
a.
Buatlah poste
b.
Presentasikan di depan kelas untuk mendapatkan
penilaian.
Rubrik Penilaian
Kumpulan
No
|
Nama
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
Skor Maksimal
|
||
Ketepatan
|
Kerapian Poster
|
Penampilan Presentase
|
|||
25
|
25
|
25
|
75
|
||
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1.
Ketepatan
·
Tepat : Skor 25
·
Cukup Teapat :
Skor 20
·
Kurang Tepat :
Skor 15
·
Tidak Tepat : Skor 10
2.
Kerapian
Penialaian
·
Rapi : Skor 25
·
Cukup Rapi : Skor 20
·
Kurang Rapi : Skor 15
·
Tidak Rapi : Skor 10
3.
Penampilan
Presentase
·
Penjelasan Mudah dipahami : Skor 25
·
Penjelasan Cukup dapat dipahami :
Skor 20
·
Penjelasan Kurang dipahami :
Skor 15
·
Penjelasan Tidak dipahami : Skor 10
Casinos Near Foxwoods - Mapyro
BalasHapusFind the perfect Casinos Near 안양 출장안마 Foxwoods in New Jersey. Foxwoods Resort 사천 출장마사지 Casino 전주 출장마사지 - 밀양 출장마사지 Atlantic City - 울산광역 출장샵 87601 Highway 315. Map